Minggu, 20 November 2011

MEMBANGKITKAN ARWAH KOMPUTER YANG MATI TOTAL


Kebayang kan lagi asyik asyiknya maen computer tiba-tiba makpet.. computer is dead, tanpa kompromi, nggak ada pemberitahuan. Dan ketika dicoba dinyalakan tetep aja KOIT alias mati total, kadang malah cuma terdengar suara fan dari UPS, atau lampu power led kedap kedip nggak jelas…kalo udah gitu ya udah ..pensiun tuh computer…


Tapi …Eeeiit..tunggu dulu, sebenarnya semuanya bisa diakali dan dicari solusinya.
so.. jangan menyerah, hanya dengan sedikit kutak kutik computer bisa bangkit lagi dari kubur…



Yang pertama dilakukan adalah cobalah membersihkan debu-debu yang ada dalam chasing terutama motherboard, gampang kan Cuma buka chasing trus dibersihkan dengan kuas halus atau dengan semprotan angin atau hair drier (tanpa heat/panas). Bisa juga anda bersihkan dengan tape head cleaner alkohol lalu keringkan sampai benar-2 kering.

Dengan membersihkan debu-debu kemungkinan bisa membuat komputer mengeluarkan bunyi beeps, sekarang coba untuk clear cmos motherboard anda. Jika setelah clear cmos komputer anda sudah mengeluarkan bunyi beeps, itu berarti sudah ada tanda 'kehidupan' dan anda tinggal mengetahui berapa banyak bunyi beep tersebut dan coba sesuaikan dengan buku panduan motherboard anda. Dari situ anda bisa mengetahui apa penyebab bunyi beeps itu. Motherboard d2 baru biasanya disediakan jumper untuk clear cmos. Kalau motherboard lama bisa dengan cara mencabut atau mereverse 180 derajat batery tersebut dan didiamkan selama 30 detik baru pasang kembali batery tersebut.

Jika hal diatas tidak berpengaruh dan computer tetep mati, bisa anda coba dengan mengganti power supply. Tapi jika anda tidak ada power supply cadangan, lebih baik coba cara dibawah ini dulu sebelum anda memutuskan membeli power supply baru namun ternyata yang bermasalah bukan power suppply anda. Sekarang anda keluarkan motherboard beserta peripheral lainnya dari chasing. Sebelum mencabut motherboard anda, jika anda tidak tahu posisi yang benar untuk memasang kembali konektor speaker, power, reset, fdd LED, power LED, dll di motherboard,lebih baik anda catat dulu, nggak usah malu malu nggak ada yang liat ini..atau hafalkan dulu posisinya.


Untuk memasang konektor tersebut bisa anda lihat di ujung konektor biasanya ada simbol berbentuk segitiga, nah itu sesuaikan dengan tanda positif (+) di konektor motherboard. Beberapa motherboard biasanya posisi konektor yang ada tulisannya dipasang menghadap keluar motherboard. Setelah itu taruh motherboard anda diatas meja. Cabut processor dan memory. Kemudian nyalakan, tapi sebelumnya pastikan power supply dan speaker chasing sudah terpasang dengan benar agar bisa diketahui apakah ada tanda-tanda kehidupan dari bunyi beeps yang dikeluarkan motherboard.

Apakah motherboard tersebut mengeluarkan bunyi beeps? Jika ya, itu merupakan pertanda yang cukup baik karena sudah ada tanda-tanda kehidupan. Sesuaikan dgn buku panduan motherboard lagi dan anda akan tahu apa penyebab komputer tidak nyala. Lakukan hingga tidak mengeluarkan bunyi beeps lagi dan bisa nyala kembali. Jika hal-2 diatas belum bisa memecahkan masalah ini tetapi anda sudah yakin bahwa motherboard tersebut sudah bersih dan tidak ada bunyi beeps sama sekali, ada kemungkinan motherboard anda rusak. Tapi melihat kasus diatas seperti power LED yang blinking terus namun tidak ada kehidupan lain memang seperti halnya system berada pada mode standby. Kalau anda ingin mencoba bisa anda coba dengan membangunkan motherboard tersebut dengan cara menekan tombol power kurang lebih 45 detik. Jika tidak bisa juga kemungkinan motherboard anda mati total alias rusak. Biasanya komponen seperti silinder silinder yang berada dekat dengan konektor power supply itu rusak..kalo sudah seperti itu masalahnya ya udah tinggal beli motherboard baru..hehehehe...







0 komentar:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63

Posting Komentar