Sabtu, 22 Mei 2010

KOMPUTER BISA HIDUP TAPI TIDAK MAU BOOTING

Setelah ditekan tombol power, komputer hidup. Indikator power juga on terlihat menyala. Tetapi setelah ditunggu tunggu, sistem operasi komputer tidak segera aktif dan komputer berenti pada pertengahan proses…huffff capekk dechh..

Kalau ada kejadian seperti tersebut coba perhatikan dengan baik, apakah kondisi layar monitor gelap dan komputer membunyikan bunyi beep secara berulang ulang?.. Jika ya, berarti itu bertanda bahwa anda akan segera dapat mendeteksi kesalahan yang ada pada komputer tersebut. Bunyi beep tersebut merupakan pertanda bahwa BIOS yang terpasang pada motherboard melakukan POST (Power On Self Test) ketika komputer dinyalakan dan berhasil mendeteksi adanya kesalahan…so.. jangan parno dulu coy..

Nah, coba perhatikan bunyi beep yang terdengar pada speaker itu, contohnya kalo bunyi beep hanya 1 kali saja itu pertanda bahwa computer berjalan normal dan aman. Berikut dibawah ini merupakan daftar bunyi yang terjadi pada BIOS model AWARD yang menunjukna kode kondisi pada komputer anda
Jika yang terjadi adalah beep nomor 4 dan 5, mungkin anda harus segera membawa komputer ke tempat servis langganan anda karena sudah dipastikan itu motherboardnya sudah minta diganti. Tapi jika yang muncul adalah nomor 2 atau 3, anda dapat mencoba untuk mengatasi kerusakan tersebut dengan tindakan tindakan sebagai berikut :
  1. Matikan kembali komputer anda, matikan stabilizer, cabut semua kabelnya, kemudian buka casingnya. Bawa PC ketempat yang terang atau sediakan senter untuk membantu anda melihat lebh jelas kedalamnya,
  2. Jika yang terdeteksi adalah beeb dengan tanda kerusakan memori, anda dpt melakukan pengecekan terhadap kartu memori apakah sudah tertancap dengan benar. Jangan lupa untuk mengunci kembali slot terseebut. Pastikan juga kartu memori anda dalam keadaan baik, tidak cacat dan tidak rusak
  3. Jika yang terdetekasi adalah beeb dengan tanda kerusakan VGA Card, Anda dapat memeriksa kembali posisi VGA Card pada Slotnya, apakah sudah terpasang dengan benar. Jika perlu, buka dan pasang kembali card tersebut. Sekalian periksa semua komponen yang lain. Pada prinsipnya agar computer berjalan dengan baik, semua komponen harus dalam posisi yang benar dan dalam kondisi yang baik pula..
  4. Jika yakin bahwa RAM dan VGA sudah terpasang dengan baik , nyalakan kembali komputer tersebut.
  5. bila masih belum ada perubahan, cobalah menukar lokasi kartu memori atau VGA Card ke slot yang lain, krn bisa juga slotnya yang rusak. Kemudian lakukan test kembali dengan menyalakan computer lagi.

Perlu dketahui bahwa kode beeb pada setiap merek BIOS memang berbeda - beda dan terkadang tidak selamanya konsisten dalam menyajikan informasi. Tapi selama ini metode tersebut paling umum digunakan orang untuk mendiagnosa komputer tanpa harus membuka ataupun menggnuakan softatare diagnosa…  OK? Semoga bermanfaat dan good luck!

8 komentar:

abeecdick's blog mengatakan...

salam kenal gan, kunjungan balik nie.
postingnya menteb gan
salam hangat selalu.

den jojo mengatakan...

makasih fren..

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

kalo bunyinya beep kaya lagu dangdut artinya apa kang.. ?

ada inul po di memorinya..? hahah!
*kabur!

den jojo mengatakan...

:29 hahaha... wah kalo bunyinya dangdutan artinya yang punyanya kudu diberi ini nih.. :31
hahaha...piss coy!

Deasy mengatakan...

Thanks dah sharing infonya! Suka kebingungan,, klo komputer tiba2 mati dan gak tahu musthi diagnostic yg mana dulu...

Rifqi mengatakan...

beep 1 kali (komputer keadaan baik) tapi masih aja g mau booting...gmna gan??? :23
mohon pencerahannya...
trimakasih

today mengatakan...

komputer ane nyala tp g bisa booting and kalo pagi bisa booting tp kalo dinyalain malam napa g bisa ya...

jopras mengatakan...

waduh lama ga buka blog nih..
@deasy : diagnostik pertama... listriknya lagi mati gak? hehehe...
@rifqi : cek dudukan memori, reconnect clear cmos, restart lagi...
@today : hehehe..cek UPSnya, kalo nggak itu brati kesambet gan komputernya.. kudu baca2 rapalan gan... (aya2 wae siang bisa malam ga bisa booting...) :14

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63

Posting Komentar