Kamis, 20 Mei 2010

KOMPUTER SERING HANG



Komputer bisa booting dengan normal, cuma pada saat dipakai bekerja seringkali mengalami hang dan macet secara tiba-tiba. Dan itu terjadi pada saat yang berbeda-beda, mulai dari proram yang tidak berjalan, mouse tak dapat digerakkan, keyboard macet, sampai yang parah muncul blue screen. Hal demikian tentu sangat mengganggu pekerjaan karena seringkali data hilang karena lupa save pada saat bekerja...

Sebenarnya banyak yang bisa terjadi dan menyebabkan komputer sering macet atau hang, tapi secara garis besar dibagi menjadi dua kelompok yaitu hang karena software dan hang yang disebabkan karena hardware yang mengalami crash.

1. Hang karena Software mengalami crash
Jika karena software yang crash biasanya masih bisa dilakukan dengan menggerakan mouse atau penekanan beberapa tombol keyboard. JIka terjadi kondisi hang yang seperti itu, coba lakukan penanganan sebagai berikut :


  1. Tekan Ctrl +Alt+Del secara bersamaan, bila kotak dialog close muncul , maka terdapat beberapa program aktif yang memberi keterangan "Not Responding", Program itulah yang menyebabkan komputer hang.
  2. Catat program2 yang bertuliskan "Not Responding" tersebut, dan kemudian matikan dengan menekan tombol End Task.
  3. Tutup juga program2 lain yang tidak perlu. caranya, klik nama program tersebut dan klik tombol End Task. setelah program yang bertuliskan Not Respoding ditutup, biasanya komputer akan normal kembali.
  4. Jika hang masing terjadi, restart sistem melalui tombol Restart yang terdapat pada CPU
  5. Setelah Sistem Wndows berjalanlagi, lakukan pengeekan dengan membuka satu persatu program yang sebelumnya bertuliskan Not Responding, untuk mengecek aplikasi yang sebenarnya menjadi penyebab konflik. jika ketahuan, catat nam aprogram tersebut dan lakukan instalasi ulang.
2. Hang Karena Konflik Hardware



Konflik hardware sering terjadi pada sistem operasi Windows. penyebabnyapun beraneka ragam seperti perangkat lama yang sudah expired sehingga berbenturan dengan perangkat yang baru. hal tersebut bisa terjadi karena penggunaan interup yang tumpang tindih hingga membuat salah satu perangkatnya menjadi abnormal dan akhirnya komputer yang aktif menjadi macet.

Untuk mengatasi hal tersebut, langkah paling aman adalah melakukan instal ulang Windows. tapi sebelumnya lepaskan terlebih dahulu salah satu perangkat yang terbaru, sehingga perangkat yang lama terdeteksi oleh sistem windows terlebih dahulu.



Setelah proses install selesai, pasang kembali perangkat yang baru tadi dilepas kemudian jalankan fasilitas Add New Hardware yang terdapat pada Control Panel dengan menggunakan menu Start>ControlPanel> Add New Hardware. Setelah perangkat terdeteksi ..lakukan restart ulang Windows.

Langkah2 diatas adalah merupakan pertolongan pertama. jika dengan cara tersebut diatas komputer masih mengalami gangguan yang serupa, jangan ragu-ragu untuk menghubungi teknisi langganan anda.... semoga bermanfaat. ...Salam..


0 komentar:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63

Posting Komentar